DATA BMKG 20 Oktober 2019
Pemko Banda Aceh

Aminullah Ajak Warga Banda Aceh Rebut Piala Adipura

Aminullah Ajak Warga Banda Aceh Rebut Piala Adipura

Aminullah sidak ke sejumlah lokasi untuk memestikan kebersihan kota terawat dengan baik.

HABADAILY.COM—Walikota Banda Aceh Aminullah Usman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kebersihan ke sejumlah tempat umum/pelayanan publik, kantor pemerintahan, dan sekolah, Kamis (5/9/2019) pagi.

Adapun sejumlah lokasi yang dikunjungi Aminullah antara lain Pelabuhan Ulee Lheue, Kantor Dinas Pariwisata, Kantor Camat Meuraxa, dan SDN 1 Banda Aceh.

Pada kesempatan itu, ia turut didampingi Asisten II Setdako Bachtiar, Kepala DLHK3 Hamdani Basyah, dan beberapa pejabat lainnya. Hadir pula salah satu anggota tim verifikator pusat Piala Adipura Irwansyah.

Selain soal kebersihan di setiap tempat yang dikunjungi, wali kota juga fokus pada proses pemilahan sampah agar sampah bisa dikurangi langsung dari sumbernya. Penataan taman agar tampak asri dan indah tak luput dari perhatiannya.

Menurutnya, Sidak yang dilakukannya dalam rangka menyambut tim penilai Piala Adipura dalam waktu dekat. "Kita ingin merebut kembali Piala Adipura yang sempat lepas pada 2018. Tahun ini Adipura Aceh sudah kita raih, kini mari kita kejar Piala Adipura tingkat nasional," katanya di sela-sela Sidak.

"Hari ini saya bersama dinas terkait melakukan checking on the spot tanpa memberitahukan terlebih dahulu. Kita ingin semua sekolah, kantor pemerintahan, dan tempat pelayanan publik, sudah bersih sesuai dengan standar yang ditentukan pemerintah pusat untuk dapat memperoleh Adipura," katanya lagi.

Dari beberapa tempat yang sudah ia kunjungi, secara umum kebersihannya sudah memadai. Hanya saja masih ada yang harus dibenahi terutama soal penanganan sampah. "Sampah itu harus dipilah sesuai jenisnya semisal  plastik, kertas, botol, dan residu. Dengan begitu kita bisa kurangi sampah dari sumbernya, mana yang masih bisa didaur ulang dan hanya residu yangdibuang ke TPA."

"Seperti yang saya lihat di SD 1 sudah bagus pemilahan sampahnya, dan saya harap dapat dicontoh oleh sekolah lainnya. Harapan besar kita budaya bersih sudah tertanam di hati setiap warga kota. Bukan hanya untuk ikut Adipura tapi memang kebersihan itu sebagian dari pada iman dan menjadi kunci hidup sehat," pungkasnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru