DATA BMKG 09 Desember 2019

MRI Pidie-ACT Aceh Selenggarakan Orientasi Relawan

MRI Pidie-ACT Aceh Selenggarakan Orientasi Relawan

Orientasi Relawan Aceh Daerah Pidie.

HABADAILY.COM—Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pidie – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menyelenggarakan Orientasi Relawan Aceh Daerah Pidie “Terus Bergerak dengan Kepedulian” yang diikuti puluhan peserta dari kalangan pemuda di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Pidie, Sigli, Minggu (27/10).

Ketua MRI Aceh Mustafa MY Tiba yang hadir sebagai pemateri menuturkan bahwa aksi kerelawanan bisa dimulai dari hal terkecil seperti memindahkan duri dari jalan. “Semua orang bisa menjadi relawan. Kita semua sebagai umat Islam jiwa kerelawanan, chipnya sudah ada dalam setiap diri kita,” paparnya.

Ia menyampaikan, bahwa dunia kerelawanan menjadi ladang beramal baik. Dunia ini fana dan diisi oleh kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain. Sebagai seorang relawan tentunya perlu memiliki jiwa tangguh serta berbuat baik penuh keikhlasan.

Dijelaskan, motivasi menjadi relawan ialah menjadikan dunia kerelawanan sebagai dakwah. Relawan dapat mengajak masyarakat seluas-luasnya agar bersedia ikut terlibat dalam dunia kemanusiaan. “Jalan dakwah tidak mudah karena imbalannya surga. Kalau mudah imbalannya kipas angin,” terangnya sembari tersenyum.

Hal senada disampaikan Humas ACT Aceh Zulfurqan. Ia menuturkan bahwa seiring perkembangan teknologi informasi, kampanye kebaikan kepada masyarakat melalui media sosial menjadi cara ampuh menyampaikan informasi secara masif, jangkauannya tidak terbatas, cepat, dan murah.

“Di dunia kerelawanan kita dapat memanfaatkan kemampuan yang ada, seperti kemampuan menulis, videografi untuk mengajak masyarakat kepada kebaikan,” imbuhnya.

Ketua MRI Pidie Syahrul Fuadi menuturkan bahwa relawan yang baru masuk bergabung seyogianya ke depan bisa terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan. “Mudah-mudahan relawan baru ini bisa menjadi inspirasi orang lain,” pungkasnya yang didampingi Koordinator Acara Afdhalul Rahmat.

MRI memiliki menggerakkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan pentingnya nilai-nilai dan peran kerelawanan dalam mengatasi berbagai masalah kemanusiaan. Selanjutnya,  merekatkan kebersamaan berbagai elemen masyarakat dalam gerakan kerelawanan. Terakhir, memediasi penyediaan tenaga kerelawanan yang profesional.

Ketua Bidang Diklat MRI Aceh T Riki Azhari menerangkan bahwa relawan adalah semua orang yang memiliki kepekaan kasih sayang, dan keinginan membantu meringankan beban serta memberdayakan sesama manusia di manapun berada, yang terkomunikasikan dalam segala aktivitas, dengan seluruh jiwa raga.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru