DATA BMKG 10 Agustus 2020

Om Muchtar Peringati Hari Pahlawan dengan Kayuh Sepeda dari Lhokseumawe ke Banda Aceh

Om Muchtar Peringati Hari Pahlawan dengan Kayuh Sepeda dari Lhokseumawe ke Banda Aceh

Om Muchtar bersama Walikota Banda Aceh.

HABADAILY.COM—Usai menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Pahlawan dan hendak meninggalkan Lapangan Blang Padang, langkah Walikota Aminullah Usman terhenti dan matanya tertuju pada sesosok pria renta berpeci merah yang tengah menuntun sepeda, Minggu (10/11/2019).

Di bagian depan sepedanya yang tak lagi baru, terpasang secarik spanduk seukuran 100 x 50 centimeter yang memuat untaian kalimat patriotisme. Selembar bendera Merah Putih yang terikat di sebilah bambu runcing turut menghiasi sepedanya.

Lelaki kelahiran 1944 itu bernama Muchtar asal Kota Lhokseumawe. Om Muchtar, begitu ia kerap disapa, mengaku mengayuh sepeda dari kotanya ke Banda Aceh khusus untuk mengikuti upacara Hari Pahlawan. Jarak sejauh 273,9 kilometer ia tempuh selama lima hari perjalanan. Panas terik dan dingin hujan tak menyurutkan tekadnya.

Semangat jiwa patriotnya tergambar dalam kalimat-kalimat yang ditulisnya di antaranya "Seorang Lansia dengan sepeda bututnya mengenang Hari Pahlawan". Ia juga menyayangkan jalan akses ke makam pahlawan Aceh Cut Mutia yang saat ini kurang diperhatikan. Pesan-pesan moral bagi generasi muda juga tak lupa ia cantumkan.

Aminullah pun menyampaikan apresiasi khusus bagi Om Muchtar. "Semangat dan tekad Om Muchtar patut kita apresiasi. Di usia yang sudah tak muda, beliau masih berjuang menularkan semangat kepahlawanan kepada kita semua," ungkap Aminullah seraya mengundang Om Muchtar untuk bertandang ke pendopo walikota.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru