DATA BMKG 25 Januari 2020
Pemko Banda Aceh

Ini Sekolah dan Dayah Peraih Adiwiyata Tingkat Banda Aceh

Ini Sekolah dan Dayah Peraih Adiwiyata Tingkat Banda Aceh

Pemberian hadiah kepada Sekolah dan Dayah peraih Adiwiyata.

HABADAILY.COM—DLHK3 Banda Aceh menggelar perlombaan Sekolah dan Dayah Adiwiyata. Sejumlah sekolah mulai dari SD sederajat, SMP sederajat dan SMK sederajat dilakukan penilaian oleh tim juri untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata. Bukan hanya sekolah, dayah-dayah di Banda Aceh juga ikut serta pada perlombaan ini.

Sekolah dan Dayah peraih Adiwiyata ini diumumkan pada penutupan Lingkungan Hidup Expo 2019, Minggu (10/11/2019) di Taman Bustanussalatin.

Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani didampingi Kabid Tata Lingkungan DLHK3 Banda Aceh, Cut Safarina Yulianti mengungkapkan ada 30 portofolio yang masuk, baik tingkat SD, SMP, SMA dan penyampaian profil dari empat dayah.

Dari portofolio tersebut, dilakukan pengecekan administrasi dan penilaian awal berdasarkan data yang disampaikan. Untuk data yang mencapai kesesuaian dan kelengkapan serta memenuhi kriteria administrasi kemudian dilakukan verifikasi lapangan.

Ada 16 sekolah dan empat dayah yang kemudian dilakukan verifikasi lapangan, yakni tingkat SD enam sekolah, SMP tujuh sekolah, SMA empat sekolah dan Dayah empat madrasah.

“Hasilnya, inilah yang diumumkan pada acara penutupan Lingkungan Hidup Expo 2019,” ujar Hamdani.

Pengumuman yang disampaikan dewan juri, untuk tingkat SD penghargaan ini diraih SDN 22. Untuk tingkat SMP/MTs juaranya diraih MTsN 1, tingkat SMA sederajat diraih SMAN 12. Sementara untuk tingkat Dayah diraih oleh Dayah Darul Ulum.

Ada beberapa kriteria yang jadi penilaian agar mendapatkan penghargaan ini, diantaranya kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Tim penilai perlombaan ini terdiri dari berbagai unsur, yakni dari WALHI, media, Dinas Syariat Islam, Dinas Pendidikan dan dari DLHK3.

Juara I peraih Adiwiyata Sekolah ini diberikan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Hadiah diserahkan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Uang pembinaan juara I diberikan sebesar Rp2,5 juta, juara II mendaparkan Rp2 juta dan juara III diberikan sebesar Rp1,75 juta.

 

Berikut Daftar Sekolah dan Dayah Peraih Adiwiyata Tingkat Kota Banda Aceh tahun 2019

Tingkat SD/MI:

Juara I, SDN 22

Juara II, MIN 5

Juara III, MIN 11

Tingkat SMP/MTs:

Juara I, MTsN 1

Juara II, SMPN 6

Juara III, MTsN 2

Tingkat SMA/MA/Kejuruan:

Juara I, SMA 12

Juara II, MAN 1

Juara III, SMAN 3

Tingkat Dayah:

Juara I, Darul Ulum

Juara II, Babun Najah

Juara III, Inshafuddin.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru