DATA BMKG 09 Desember 2019

DLHK3 Banda Aceh Uji Emisi Kendaraan Bermotor

DLHK3 Banda Aceh Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Petugas menguji emisi mobil yang melintasi Terpinal Tipe A Banda Aceh.

HABADAILY.COM—Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh menggelar uji emisi sejumlah kendaraan di Terminal Terpadu Tipe A, Kota Banda Aceh, Selasa (12/11). Uji kandungan gas mesin yang dibuang itu guna memperbaiki kualitas udara di ibukota Provinsi Aceh.

Pantauan media ini, uji emisi dilakukan dengan cara memasukkan alat penguji ke dalam knalpot kendaraan. Selanjutnya alat penguji mendeteksi besar ukuran emisi yang keluar dan berdampak terhadap kualitas udara.

Sekretaris DLHK3 Banda Aceh, Dodi Haikal mengatakan uji emisi merupakan kegiatan rutin tahunan untuk melihat kualitas udara. Menurutnya, sebanyak 1600 kendaraan akan diuji pihaknya.

"Kegiatan ini untuk mengukur kualitas udara karena kendaraan bermotor, sebagai upaya kita mengendalikan kualitas udara," sebut Dodi Haikal.

Untuk kendaraan yang tidak lulus uji emisi, sebut dia, pihaknya menyarankan kepada pemilik kendaraan agar segera memperbaiki dan melakukan service rutin.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK3 Banda Aceh, Cut Safarina Yulianti menambahkan, hasil uji emisi 1600 kendaraan tahun lalu di Kota Banda Aceh, sangat baik. Hasil tersebut mendapat rekomendasi baik dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Untuk tahun ini target kita sama, yaitu 1600 kendaraan. Tapi kita berupaya menguji emisi kendaraan lebih banyak. Hasilnya akan lebih valid, karena banyak kendaraan yang kita uji," ujar dia.

Selain uji emisi, kata dia, pengujian kualitas udara di Banda Aceh turut menggunakan Air Quality Monitoring System (AQMS) yang dipasang di Bundaran Simpang Lima Kota Banda Aceh.

"Secara umum, kualitas udara di Banda Aceh saat ini baik, namun udara  kita sempat tidak sehat beberapa bulan lalu karena kebakaran hutan wilayah Sumatera, kata Cut Safarina.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru