DATA BMKG 08 Agustus 2020

Badruddin, 20 Tahun Bertahan Sebagai Guru Honorer

Badruddin, 20 Tahun Bertahan Sebagai Guru Honorer

Badrudin bersama rekan kerja dan murid-murudnya saat disambangi ACT.

HABADAILY.COM—Semangat Badruddin (55) mendidik murid-muridnya tak lekang waktu, meski sudah 20 tahun mengabdikan diri sebagai guru honorer di SDN 13  Blang Talon, Kutamakmur, Aceh Utara. Setiap hari ia menempuh perjalanan ke sekolah sejauh dua kilometer, terkadang mengenderai sepeda motor atau mendayung sepeda ontel miliknya.

Pribadi yang dikenal dekat dengan murid-muridnya itu selalu tampil ceria dan ramah seperti saat dijumpai Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh Utara Muhadaruddin pada Jumat (6/12) di SDN 13. Bukan hanya mengajar, ia kerap ringan tangan menjaga kebersihan sekolah.

Pria kelahiran 1 Februari 1964 ini sudah mengajar di sekolah tersebut sejak 2000-2020 dengan gaji Rp300.000 per bulan. Dari penghasilan tersebut ia menghidupi istri dan anaknya yang menetap di Gampong Buket, Kuta Makmur, Aceh Utara. Di samping mengajar, Badruddin membagikan waktu bertani di sawah atau kebun.

Upah yang diterima Badruddin dari mengajar memang belum mencukupi. Namun bagi Badruddin, ia ingin mengabdikan diri di sekolah yang dikepalai Junaidi SPd. Kebutuhan rumah tangga diperolehnya dari pekerjaan di luar jam sekolah. “Istri saya tidak pernah mengeluh dengan kondisi saya,” ungkapnya.

Terkadang tetangganya ikut membagikan kepeduliannya kepada keluarga Badruddin meskipun tidak diminta. Badruddin dikenal sebagai sosok yang rajin beribadah dan taat beragama.

Muhadaruddin menuturkan, kedatangannya ke sekolah itu untuk menyerahkan santunan bantuan biaya hidup guru dari program Sahabat Guru Indonesia (SGI) Aksi Cepat Tanggap. Program SGI merupakan bentuk apresiasi ACT atas jasa para guru mendidik generasi bangsa demi kemajuan negara dan agama. “Allah-lah yang memberikan rezeki dan memberkahi kehidupan,” tutupnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru