DATA BMKG 04 Desember 2020

Forum Anak Kota Banda Aceh Dikukuhkan

Forum Anak Kota Banda Aceh Dikukuhkan

Forum Anak Kota Banda Aceh Dikukuhkan

HABADAILY.COM | Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menfasilitasi pemilihan Ketua Forum Anak di Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini berlangsung sejak 21-22 Oktober ini di Hotel Kyriad dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus serta ketua terpilih pada Kamis (22/10/20) sore oleh Wakil Walikota Banda Aceh.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB, Risda Zuraida, SE mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna memberi kesempatan kepada anak-anak untuk belajar memimpin di forum.

"Pemilihan ketua kali ini benar-benar hanya melibatkan anak, mulai dari pemimpin sidang, panitia dan semuanya kita beri kesempatan kepada anak-anak, kita hanya menfasilitasi dan mendampingi," katanya.

Ia menilai pembentukan Forum Anak ini penting untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap peran mereka sebagai pelopor dan pelapor (P2).

"Anak-anak ini nantinya akan menjadi pelopor dan pelapor baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal mereka. Anak-anak ini juga yang berperan untuk mengurangi kasus bullying yang ada di sekolah, karena mereka berkomitmen, jika membiarkan berarti mendukung hal itu," katanya.

Ia mengaku, selama ini pihaknya terus mewadahi Forum Anak dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapasitas serta membantu mendampingi anak-anak penyintas kekerasan maupun anak-anak yang putus sekolah. Setelah terbentuk pengurus Forum Anak ini, mereka akan ada kegiatan rutin.

Ia menjelaskan, Forum Anak merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak, nantinya diharapkan mereka juga akan terlibat dalam berbagai aspek, mulai dari penjagaan lingkungan serta proses perencanaan pembangunan dengan menyampaikan usulan-usulan terkait dengan pemenuhan hak anak."

Komentar
Baca Juga
Terbaru