DATA BMKG 13 April 2021

Dibuka Bupati Bireuen, TMMD ke-110 Dilaksanakan di Pedalaman Juli dan Jeumpa

Dibuka Bupati Bireuen, TMMD ke-110 Dilaksanakan di Pedalaman Juli dan Jeumpa

Pembukaan TMMD ke-110 di Meuligo Bireuen, Senin (2/3).

HABADAILY.COM—Bupati Bireuen Muzakkar A Gani membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110, Senin (2/3), di Meuligo Bireuen. Kegiatan tersebut mengambil lokasi di pedalaman Kecamatan Juli dan Kecamatan Jeumpa.

Dalam sambutannya, Bupati Muzakar mengaku sangat berterima kasih atas dilaksanakannya TMMD ke-110 di daerah yang dipimpinnaya. Terlebih, kata dia, TMMD merupakan wujud nyata dari salah satu Nawacita Pemerintah dalam membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, lanjut Muzakar, TMMD juga merupakan salah satu program Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dengan kementerian, lembaga pemerintahan non kementerian, Polri, pemerintah daerah beserta seluruh komponen masyarakat. “Ini langkah nyata dalam membangun desa agar kehidupan ekonomi masyarakat menjadi semakin lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0111/Bireuen Kapten Inf Yusri sebelumnya pada pra TMMD menyebut, selama pra TMMD hingga 28 Pebruari 2021 sesuai target pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 10 kilomter dengan dua lokasi Kecamatan Jeumpa dan Juli sudah dikerjakan mencapai 62 persen kurang lebih enam kilometer.

Selain pembukaan, juga digelar penandatangan dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-110 tahun 2021 antara Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf Zainal Abidin Rambe SSos dan Bupati Bireuen Muzakkar A Gani.

Menurut Dandim, pembukaan TMMD kali ini sengaja digelar secara sederhana untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.  “Jadi kita tidak melaksanakan pembukaan yang melibatkan banyak orang seperti pada kegiatan serupa sebulumnya," kata Letkol Zainal.

Dikatakannya, hal tersebut sesuai instruksi dari pimpinan TNI AD yang tertuang dalam surat telegram, bahwa penyelenggaraan penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima pelaksanaan program TMMD Reg ke-110 bertempat di Makodim atau kantor bupati, guna menghindari resiko penularan infeksi Corona Virus (Covid-19).

Hal itu sesuai pedoman protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19 selama pelaksanaan kegiatan TMMD ke-110. “Ini juga sebagai bagian dari upaya TNI untuk mengajak masyarakat di Bireuen dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyebaran Covid-19,” ujar Letkol Zainal selaku Dansatgas TMMD ke-110.

Meskipun upacara pembukaan hanya digelar secara sederhana, namun Dansatgas memastikan bahwa kegiatan TMMD tetap berjalan sesuai jadwal. "Yang kami batalkan hanya upacara pembukaannya saja, untuk kegiatan TMMD sendiri tetap berjalan selama satu bulan,” katanya.

Dansatgas juga telah memerintahkan personel yang terlibat kegiatan TMMD agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, mencuci tangan sebelum dan setelah bekerja. "Hindari kontak fisik antar orang per orang dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat, vitamin dan istirahat yang cukup," tegasnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru