DATA BMKG 16 Desember 2019

Suasana Gang Dobi Necis Peunayong Serasa di Hongkong

Suasana Gang Dobi Necis Peunayong Serasa di Hongkong

Basri, pemilik toko, Dobi Necis di Peunayong Banda Aceh. FOTO: HABADAILY.COM - RISKA MUNAWARAH

HABADAILY.COM - Kawasan pecinan tua bernama Peunayong, Banda Aceh, mempunyai sejarah panjang sebagai bandar perdagangan.

Hiruk-pikuk suasana pasar sangat kental terasa di kawasan ini. Menyusuri setiap gangnya, serasa berada di lokasi shooting film-film Hongkong.

Namun telah bagian masa lalu Peunayong yang hilang, termasuk binatu tradisional yang tempo dulu bisa dijumpai di setiap gang.

Kini, hanya tersisa satu Dobi Necis yang masih berjaya hingga kini. Berdiri sejak tahun 1980-an, laundry konvensional itu masih bertahan di tengah tumbuh suburnya laundry dan dry cleaning modern.

Di Dobi Necis, semua dilakukan serba konvensional. Setrikanya masih menggunakan bahan bakar arang. Berat yang mulai langka ini bisa mencapai 8 kilogram. Basri, pemilik toko, mengatakan Dobi Necis akan selalu tetap dengan gayanya.

Menurut dia, pelanggannya tidak pernah sepi meski banyak laundry modern di seputarannya.

Hal itu juga dibuktikan dengan cucian-cucian yang menumpuk di tokonya. Biaya cuci di dobi memang berbeda dengan laundry. Mereka menghitung biaya per potong pakaian, bukan kiloan seperti di laundry.

Satu potong pakaian berkisar Rp2.000 sampai Rp3.000. Itupun tergantung jenis pakaian dan besar-kecilnya.[]

GALERI INI (09 Halaman Edisi : 06  - 15-31 OKTOBER 2019)

Komentar
Terbaru