DATA BMKG 17 November 2019

Nazia Si Dara Aceh Yang Mendunia Lewat 'Terdiam Sepi'

Nazia Si Dara Aceh Yang Mendunia Lewat 'Terdiam Sepi'

Artis Nasional Asal Aceh - Nazia Marwiana

HABADAILY.COM - Artis pendatang baru di blantika musik tanah air, Nazia Marwiana menyedot perhatian publik. Lagu bertajuk ‘Terdiam Sepi’ yang dibawakan biduanita asal Nagan Raya, Aceh, ini langsung viral di YouTube dan Tiktok dalam waktu relatif singkat.

Nazia Marwiana

Kesuksesan Nazia itu sekaligus juga mengharumkan nama musisi Aceh di semenanjung Asia Tenggara. Terlebih, ‘Terdiam Sepi’ yang viral itu merupakan karya musisi Aceh, Ady Bugak. Lagu tersebut, selain mampu menarik perhatian pecinta musik Indonesia, juga digemari pecinta musik di negeri tetangga, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Dalam bincang-bincang dengan HD Indonesia, Nazia memaparkan proses dirinya mendapat ajakan untuk masuk rekaman. Menurut dara berwajah sendu ini, hal itu berawal dari mencoba mengupload di Instagram setiap lagu yang dinyanyikannya.

“Ini menjadi modal awal bagi saya dalam mewujudkan mimpi menjadi seorang penyanyi,” katanya. 

Selain itu, Nazia juga kerap diajak orang tuanya untuk tampil di pentas. “Selanjutnya, Bang Adi (Ady Bugak) chat Zia lewat DM Instagram. Katanya Bang Adi sering liat-liat dan stalking video Zia. Nah, habis itu Bang Adi menawarkan Zia agar menyanyikan lagu ciptaannya,” ungkap dara yang akrab disapa Zia ini. 

Kala itu, lanjut Nazia, dirinya langsung menyetujui permintaan Ady Bugak. “Cuma Zia nggak ada dana buat ke Aceh Besar untuk penggarapan lagu itu. Emang butuh perjuangan kali hehehe…” kenang Zia. 

Diakuinya, jauh sebelum itu dirinya juga banyak mendapat tawaran untuk nyanyi. Namun, karena posisinya jauh dari tempat yang ngajak makanya dia menolaknya.
“Rame sebelumnya yang ngajak, tapi cuma Bang Adi yang mau ngasih uang buat Zia ke Aceh Besar hingga penggarapan lagu tersebut,” cerita Zia kepada HD Indonesia.

Menurut Zia, kesuksesan yang diraihnya sekarang ini tidak terlepas dari kerja kerasnya. Sejak kecil Zia memang sering berlatih olah vokal walau secara otodidak. 

“Memang sedari dulu Zia suka bernyanyi, apalagi mama kandung saya juga seorang penyanyi,” ungkapnya. Namun, lanjut dia, saat itu dirinya belum berani untuk tampil dan menunjukkan kebolehannya menyanyi ke khalayak ramai.
 
“Dari sekolah dasar Zia sudah mulai suka bernyanyi, cuma belum percaya diri aja saat diajak tampil di panggung sama abang maupun mamak,” sebut Nazia. 

Sebelum sukses lewat ‘Terdiam Sepi’, Nazia juga sama seperti artis Aceh lainnya. Dia terus berusaha dengan cara mengikuti ajang pencarian bakat, namun keberuntungan belum berpihak kepadanya. Padahal, bakat bernyanyi yang kini ditekuni Nazia memang sudah turun temurun dari orang tuanya.
 
“Nazia juga sudah pernah mengikuti ajang pencarian bakat (LIDA-2) dan gagal, mungkin karena belum percaya diri aja dulu. Namun, untuk bisa bernyanyi, Nazia karena diajarin mama. Mama dulu juga biduan, kayaknya memang keturunan bisa bernyanyi,” ungkap Nazia sambil mengulum senyum.

Dia mengsahkan, awalnya Nazia meluncurkan dua lagu perdana yang diunggah di akun YouTube Global Musik Indonesia. Namun Nazia mencapai sukses lewat lagu berjudul ‘Terdiam Sepi’. Lagu yang dipublikasikan tanggal 28 Mei 2019 itu mampu menyedot puluhan juta penonton. Bukan hanya itu, “Terdiam Sepi” yang di-arasement versi DJ juga tergolong viral. Begitu juga di Tiktok, kerap artis-artis nasional menjadikan lagu milik Nazia itu sebagai lagu joget asyik.
 
“Alhamdulillah, sudah mengeluarkan dua single. Pastinya karya Bang Ady Bugak dua-duanya, Terdiam Sepi dan Bersujud Padamu,” sebut gadis penyuka warna biru dan pink ini. Setelah kesuksesan yang diraihnya lewat Terdiam Sepi, kini dara asal Nagan Raya ini kembali dipercaya untuk kembali membawakan tiga lagu terbaru milik Ady Bugak dan saat ini sedang dalam tahap syuting.

“Untuk lagu terbaru kali ini, bergenre Malaysia, dan masih tentang seputar kisah cinta. Dia yang memberikan cinta, tapi dia juga yang mengingkarinya. Segitulah ceritanya dari salah satu single ke-3 Zia,” bebernya. 

Nazia juga memiliki harapan besar di blantika musik tanah air. Dengan kemampuan olah vokal yang dimilikinya, Nazia ingin menjadi menghibur banyak orang lewat karya-karyanya kelak. 

“Harapan Zia kedepan, ya ingin lebih baik lagi. Paling tidak, bisa menghibur banyak orang juga lewat karyakarya Zia,” tandas dara yang bercita-cita menjadi publik figur ini.

Sementara itu, Manager Nazia, Ady Bugak mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan tiga single terbaru untuk Nazia. “Ada tiga lagu yang sedang kami persiapkan. Saat ini masih dalam tahap finishing audio master dan syuting,” katanya.

Untuk lokasi syuting, kata Ady Bugak, masih tetap di wilayah Aceh. Sedangkan studio record masih bersama Y_Studio Banda Aceh dan video syuting ditangani oleh DS Entertainment. 

Ady juga mengaku pertama kali melihat Nazia yaitu via Instagram. Dari situ mulai tertarik setelah melihat beberapa video cover yang dinyanyikan Nadia. Akhirnya ia menawarkan Nazia untuk masuk rekaman dan menjadi penyanyi. “Dari hasil kesepakatan, Nazia juga menyetujui, dan sekarang Nazia sudah terikat kontrak dua tahun,” aku Ady.

Menurut Ady, single terbaru Nazia dalam beberapa pekan kedepan sudah bisa dinikmati melalui akun resmi Global Musik Indonesia. Sedangkan untuk single selanjutnya ada tiga lagu yang sudah dipersiapkan, yakni Tersisih, Undur Diri, dan Butuh Kepastian.

“Ketiga lagu ini masih tetap bermain di genre Pop Melayu,” sebutnya. Selain, Nazia juga mulai mendapat order konser seperti pada Januari 2020 nanti akan konser di Aceh Singkil. “Beberapa konser lainnya hanya menunggu kepastian tanggal konsernya. Semoga single terbaru Nazia juga bisa diterima oleh masyarakat,” harapnya.[]

Tulisan ini sudah Tayang di Media Cetak HD Indonesia Edisi : 05  ( 01-13 OKTOBER 2019 )

Komentar
Baca Juga
Terbaru