DATA BMKG 15 Desember 2019

Lailissa'adah: Etnik Aceh Meugiwang, Versi Barat Oke!

Lailissa'adah: Etnik Aceh Meugiwang, Versi Barat Oke!

Penyanyi Aceh - Lailissa'adah

HABADAILY.COM - Syair lagu berjudul ‘Tsunami’ ini dilantunkan Lailissa’adah dengan penuh penghayatan. Lagu bergenre etnik Aceh ini tidak saja mengingatkan pendengar akan peristiwa dahsyat yang menimpa Aceh pada 26 Desember 2004, tapi juga menyadarkan manusia bahwa ajal bisa menjemputnya kapan saja

Lon peuratep lon da-idi, dalam ayon teupet mata Teuka geumpa uro minggu, tsunami Tuhan bie bala Dalam leumung gata leukang, tsunami Tuhan bie bala Aneuk ka tawo bak Tuhan, mungken ajai awai gata…

Terlebih, lagu yang diproduksi D2X Management ini mengkombinasikan bahasa Aceh dan Inggris sehingga bisa dinikmati pecinta musik secara global. Lantunan Lailissa’adah di lagu ini sepenuhnya merefleksikan keagungan Ilahi lewat kata dan nada. Penyanyi yang akrab disapa Icha ini memang memiliki karakter suara bergenre etnik yang kuat.

Lagu-lagu yang dilantunkannya dipastikan mampu menggetarkan jiwa setiap pendengarnya. Bukan hanya tembang yang mengangkat kisah tsunami yang sukses dilantunkan Icha dengan sempurna, beberapa lagu lainnya juga berhasil menempatkan dara cantik ini sebagai penyanyi etnik terbaik yang pernah dimiliki Aceh. Sebut saja lagu bertajuk ‘Rateb Aneuk’ dan ‘Istikharah Cinta’, kedua lagu ini menuai sukses besar di YouTube.

Khusus lagu Tsunami yang dinyanyikan Icha memang sedikit berbeda dengan lagu Aceh pada umumnya. Dengan kombinasi Bahasa Aceh dan Bahasa Inggris, lagu yang dirilis 25 Desember 2018 ini mampu memberi nuansa baru di blantika musik Aceh, bahkan nasional dan dunia.

“Lirik dalam bahasa Inggris diterjemahkan oleh Dian Guci, sedangkan dalam bahasa Indonesia oleh Iskandar Norman. Keduanya sangat kuat dalam menciptakan karya sastra. Alhamdulillah, lagu tsunami ini dapat diterima oleh semua kalangan di Aceh dan Indonesia secara umum.

Begitu juga dengan masyarakat luar negeri, mereka bisa menikmati lewat bahasa Inggris,” ungkap Icha. Di lagu lain, Peuratep Aneuk, Icha berupaya mengingatkan para penikmat lantunannya untuk kembali masa kecil dulu. Ya, di masa sang bunda meniduri buah hatinya dengan syair Islami.

“Peuratep Aneuk merupakan salah satu adat Aceh yang patut kita lestarikan dan kita perkenalkan pada anak cucu kita,” katanya.

Masih bergenre etnik, Icha juga sudah meluncurkan lagu berjudul Peuayon Aneuk dan sederet tembang religi yang mengangkat adat istiadat Aceh dalam kehidupan sehari-hari. Untuk Peuayon Aneuk, kini sudah ditonton satu juta lebih setelah diunggah di YouTube beberapa waktu lalu. Selain itu, Icha juga sukses lewat tembang Istikharah Cinta yang dinyanyikan duet dengan Fajar jebolan The Next Sabyan 2019.

Lagu ini juga sempat booming di YouTube maupun di radio-radio swasta di Aceh. Jauh sebelum sukses dengan lagu sendiri, Icha juga sempat meng-cover sejumlah lagu hits milik penyanyi-penyanyi top tanah air. Dan, lagu-lagu yang dinyanyikannya menuai banyak pujian dari para warganet setelah diunggah di Instagram dan YouTube sejak tahun 2008.

Dara kelahiran Langsa, 9 Juni 1993 ini hanya menanggapi santai kalau  .disebut penyanyi cover atau penyanyi yang membawakan lagu yang sudah dirilis oleh biduan lain.

“Santai aja sih, karena nggak munafik, memang dari situ sih orang ngenal aku. Lagian meng-cover itu hal yang sangat umum dilakukan. Boleh jadi sebagai bentuk apresiasi, jadi sudah biasa,” ucapnya.

Manager D2X Management, Dedex Suryadi mengakui bahwa Icha memang memiliki karakter yang kuat sebagai penyanyi bergenre etnik. “Ya, sangat sedikit penyanyi Aceh yang memiliki karakter vokal seperti Icha,” katanya.

Menurut Dedex, lagu Tsunami diciptakan oleh Razali Usman, seorang musisi di Kabupaten Bireuen. Sementara arresemen lagu tersebut dilakukan oleh Nizar 41 Studio Bireuen. Sedangkan lagu Peuratep Aneuk, lanjut Dedex, liriknya ciptaan Medya Hus serta arresemen oleh Opay Studio dan Joel Pasee.

“Hal yang sama juga dengan lagu Istikharah Cinta. Lagu tersebut dicipatakan oleh Fajar dan diarasement oleh Nizar Studio 41,” sebutnya.

Ingin menikmati lagu-lagu etnik yang dinyanyikan dara manis ini? Silakan kunjungi chanel resmi D2X Management di situs video terpopuler sejagat; YouTube![]

 

Tulisan ini sudah tayang di HD Indonesia Edisi : 06  ( 15-31 OKTOBER 2019 )

Komentar
Baca Juga
Terbaru