DATA BMKG 19 September 2019

Seleksi Pascasarjana Unsyiah Diikuti 800 Peserta

Seleksi Pascasarjana Unsyiah Diikuti 800 Peserta

Proses seleksi masuk Pascasarjana Unsyiah.

HABADAILY.COM—Sebanyak 800 calon mahasiswa (cama) mengikuti ujian masuk program pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun 2019. Ujian ini berlangsung selama dua hari, 5-6 Juli 2019 yang dipusatkan di beberapa program studi (Prodi) di Unsyiah.

Wakil Rektor I Unsyiah Bidang Akademik Prof Dr Ir Marwan mengatakan ujian mahasiswa pascasarjana ini dibagi dalam dua kategori. Tercatat sebanyak 635 peserta mengikuti ujian jenjang magister dan 165 peserta lainnya jenjang doktor.

Untuk hari pertama, setiap cama diharuskan mengikuti tes wawancara. Sementara di hari kedua, dilaksanakan ujian tulis bidang konsentrasi dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Tes Potensi Akademik (TPA) serta bahasa Inggris.

“Setiap tahunnya, penerimaan mahasiswa program pascasarjana Unsyiah selalu mendapat respon positif dari masyarakat, dan ini mengharuskan kita untuk melakukan seleksi yang lebih ketat,” ujar Marwan.

Ia menambahkan, saat ini Unsyiah memiliki 33 program magister dengan berbagai disiplin ilmu. Sementara untuk program doktor, Unsyiah memiliki 8 program, yaitu Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Ilmu Teknik, Ilmu Manajemen, Ilmu Pertanian, Matematika dan Aplikasi Sains, Pendidikan IPS, Ilmu Kedokteran.

“Masing-masing program menawarkan disiplin ilmu yang lebih spesifik, sehingga mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.”

Kehadiran beragam program studi ini juga bagian dari tanggung jawab Unsyiah untuk mempersiapkan lulusan yang mumpuni dari sisi akademik dan profesi. Selain itu, untuk mewujudkan kampus Unsyiah sebagai kampus inovatif, bermutu, serta berperan aktif meningkatkan daya saing.

Marwan menjelaskan pengumuman kelulusan akan diumumkan pada 30 Juli 2019 melalui website www.unsyiah.ac.id. Direncanakan, kuliah perdana dimulai pada 3 September 2019. Untuk itu, ia berharap agar calon mahasiswa untuk selalu memantau informasi melalui website resmi Unsyiah.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru