DATA BMKG 09 Desember 2019

Jihan Adilla 'Bukan Tata Rias Biasa'

Jihan Adilla 'Bukan Tata Rias Biasa'

Jihan Adilla Tatarias Pengantin Tingkat Nasional asal Aceh

HABADAILY.COM - Menjadi seorang instruktur tata rias pengantin tradisional Aceh menjadi sebuah kebanggan bagi Jihan Adilla. Kenapa tidak? Di usia belianya, dara manis asal Kota Juang ini sudah menunjukkan performa terbaiknya pada Lomba Instruktur Tatarias Pengantin Tradisional Tingkat Nasional 2019.

Di ajang tersebut, Jihan yang wakili Aceh menjadi penata rias tradisional termuda se-Indonesia.
Sebelum melangkah ke level nasional, penata rias yang bernaung di Lembaga Pendidikan Kursus (LPK) Kasih Ibu Bireuen ini berhasil meraih predikat terbaik pada ajang Instruktur Tata Rias Pengantin Tradisional Aceh yang digelar Dinas Pendidikan Aceh 2019.

Ajang tersebut merupakan bagian dari Lomba Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) se-Aceh tahun 2019. Sementara Lomba Instruktur Tatarias Pengantin Tradisional Tingkat Nasional berlangsung di Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, 24-27 Juni 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr Supriano. “Di tingkat Aceh, Jihan tampil sebagai juara pertama dan berhak mewakili Aceh pada lomba tingkat nasional di Bangka Belitung beberapa waktu lalu,” Kata Jihan kepada HD Indonesia, belum lama ini.

Menjadi seorang instruktur tata rias pengantin tradisional yang handal, diakui Jihan, berawal dari didikan sang ibu kandungnya, Hj Susilawati Abdi Dharma yang juga pendiri LPK Kasih Ibu Bireuen.

“Ibu, selain seorang bidan juga seorang perias pengantin. Jadi Jihan belajar semua itu dari ibu,” akunya. 

Selain menguasai teknik tata rias pengantin tradisional Aceh, sejak kecil Jihan memang sudah aktif dalam banyak kegiatan. Jihan juga kerap menjuarai beberapa event di aceh. Jauh sebelumnya, Jihan Adilla pernah meraih juara pada event fashion show tingkat MTsN se-Kabupaten Bireuen. “Kala itu usia saya masih 13 tahun,” katanya.

“Saya juga pernah terpilih mewakili Bireuen untuk ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) 2012 di Kutacane, Aceh Tenggara,” sambung dara hitam manis ini.

Untuk urusan sekolah, putri sulung mantan anggota DPRK Bireuen Munizar Taleb dan Susilawati ini adalah juaranya. Ia lihai berpidato dalam bahasa Inggris. 

Di bidang ekstrakurikuler, Jihan juga menjadi mayoret drum band di sekolahnya. Untuk dunia modelling, bakat Jihan memang sudah cukup terasah. Ia sering menjuarai ajang fashion show sejak masih kecil. Ia juga terus mewakili Bireuen dalam ajang fashion show tingkat provinsi, di antaranya dilaksanakan di Aceh Barat dan Kota Langsa.

“Bakatnya sudah terlihat sejak kecil. Jihan tidak pernah merasa canggung jika sedang di atas pentas,” ujar Susilawati, ibu kandung Jihan.

Belum lama ini, kisah sang bunda, Jihan juga meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bireuen atas berbagai prestasi yang diukirnya sehingga mengharumkan nama Bireuen di level daerah dan nasional. Untuk soal pendidikan yang sedang digelutinya saat ini, Jihan juga termasuk anak yang berprestasi. Ia berhasil meraih IPK tertinggi di kampusnya; Tertinggi I 3,68 (2018) dan IPK Tertinggi III 3,48 (2019).[]

PROFIL Nama lengkap : Jihan Adilla Nama panggilan : JIhan Tempat /lahir : Paya Rangkuluh, 24 Februari 1999 Pendidikan : Kuliah di Poltekkes Kemenkes Aceh,    Jurusan Gizi Nama orangtua : Munizar Taleb (ayah) dan Susilawati (ibu).

PRESTASI • Juara I Fashion Show tingkat MIN se-Gugus Bireuen (Personi 2008) • Juara I Fashion Show tingkat MIN se-Kab Bireuen (Personi 2008) • Juara I Fashion Show tingkat MIN se-Gugus Bireuen (Personi 2010) • Juara I Fashion Show tingkat MIN  se-Kab Bireuen (Personi 2010) • Juara I Fashion Show tingkat MTSN se-Kab Bireuen (Personi 2012) • Juara II Mengarang Cerpen se-MTSN Model Gandapura (2011) • Juara III Drumband Tingkat Provinsi Aceh (2011) • Peserta Fashion Show Tingkat Provinsi Aceh mewakili Kab Bireuen di Langsa (Personi 2008) • Peserta Fashion Show Tingkat Provinsi Aceh mewakili Kab Bireuen di Meulaboh (Personi 2010) • Juara I Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas kategori Instruktur Tata Rias Pengantin Aceh Tingkat Kabupaten Bireuen (2019) • Juara I Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Kategori Instruktur Tata Rias Pengantin Aceh Tingkat Provinsi Aceh (2019) • Peserta Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Kategori Instruktur Tata Rias Pengantin Aceh Tingkat Nasional di Bangka Belitung (2019)
 

Tulisan ini sudah tayang di HD Indonesia Edisi : 06  ( 15-31 OKTOBER 2019 )

Komentar
Terbaru