DATA BMKG 28 Oktober 2020

Sulaiman 'Legislator Muda Asal Kuta Malaka'

Sulaiman 'Legislator Muda Asal Kuta Malaka'

Sulaiman SE, Anggota DPR Aceh

Dia Adalah Sulaiman SE, suami dari Mahdalena SPd yang menamatkan Sekolah Dasar (SD) di desa kelahirannya, Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Kemudian melanjutkan SMP di Samahani dan SMK Pariwisata Banda Aceh. Usai menamatkan SMK Pariwisata, pria kelahiran 10 Agustus 1978 itu melanjutkan studinya ke STIEI Banda Aceh.

Terbilang aktif dalam berorganisasi. Buktinya, sejak di bangku sekolah Sulaiman sudah meraih tampuk pimpinan sebagai Ketua OSIS SMP Samahani. Menduduki bangku SMK, Sulaiman kembali memimpin OSIS sekolah tersebut.

Kemudian, saat menduduki kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIEI) Banda Aceh, ia kembali bias meraih pucuk pimpinan sebagai Ketua Komisariat Manajemen Keuangan Perbankan (MKP) STIEI sembari merangkap sebagai anggota pengurus HMI Banda Aceh.

Begitulah perjalanan sosok Sulaiman dalam sejumlah jabatan di dunia pendidikan. Ia tak pernah sepi dari berbagai aktivitas keorganisasian.

Lalu, bagaimana sosok Sulaiman di tanah kelahiran, Desa Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar? Di desanya, ia dipercayakan sebagai ketua pemuda gampong, kemudian dipercayakan sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Kuta Malaka.

Saat Aceh diterpa musibah tsunami pada 2004 silam, Sulaiman menampati garda terdepan relawan kemanusiaan.

Usai gelombang besar itu meluluhlantakkan sebagian besar Aceh, sejumlah negara donator hadir membantu Aceh, Sulaiman kembali ditunjuk sebagai Ketua Relawan Tsunami Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Aceh.

Tak berhenti di situ, Bendahara KONI Aceh Besar sempat dipercayakan kepada Sulaiman, ketua PASI Aceh Besar juga pernah diembanyan.

Sementara dalam organisasi politik, Sulaiman diangkat menjadi Ketua Sagoe Partai Aceh (PA) Kuta Malaka, kemudian Bendahara Partai Aceh Wilayah Aceh Besar, serta Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar dan Ketua Komisi 4 DPRK Aceh Besar untuk periode pertama dari Fraksi Partai Aceh.

Sementara pada Periode kedua, Sulaiman kembali terpilih sebagai anggota DPRK Aceh Besar dan dipercayakan sebagai ketua DPRK Aceh Besar. Terakhir, pada Pileg Tahun 2019, Sulaiman kembali dipercayakan oleh masyarakat dari Dapil 1 meliputi Aceh Besar, Banda Aceh dan Sabang sebagai anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Aceh.

Selama di Parlemen Aceh, ayah tiga Anak itu kerap menyuarakan kepentingan masyarakat Aceh secara lantang.

Ada banyak peluang yang dimanfaatkan oleh Sulaiman untuk menyuarakan kepentingan umat kepada Pemerintah Aceh.

“Tugas saya sebagai wakil rakyat Aceh di DPR adalah memperjuangkan apa yang dikehendaki oleh rakyat, memastikan alokasi anggaran dalam APBA benar benar menyentuh kepada masyarakat,” ujarnya.

Politisi muda dari partai Aceh itu dikenal murah senyum dan bisa bergaul dengan berbagai kalangan. Terutama dengan kalangan pemuda, baginya memotivasi para pemuda agar bekerja keras, memiliki pendidikan yang mumpuni adalah sebuah keharusan baginya.

“Masa depan Aceh ada di tangan para pemuda. Aceh membutuhkan anak muda yang energik, yang memiliki kemampuan dalam beragama dan bernegara, guna menjaga dan memajukan Aceh dan Indonesia secara umum,” tegasnya.

Karena itu, lanjut dia, para pemuda perlu didorong agar menguasai semualini, terutama soal ekonomi dan agama.

“Selama ini banyak usulan saya kepada Pemerintah Aceh agar gencar melaksanakan program pemberdayaan ekonomi, terutama kepada kalangan pemuda dan kalangan putus sekolah, sesuai dengan harapan saya saat pertama mencalonkan diri sebagai legislator Aceh,” sebutnya.[]

Tulisan Ini sudah Tayang di Media Cetak HD Indonesia Edisi 15 @2020

Komentar
Terbaru