DATA BMKG 20 Oktober 2019
Pemko Banda Aceh

Baiturrahman Expo Jadi Daya Tarik Baru Warga Banda Aceh

Baiturrahman Expo Jadi Daya Tarik Baru Warga Banda Aceh

Gelaran Baiturrahman Expo 2019.

HABADAILY.COM—Baiturrahman Expo 2019 sudah berlangsung dari tanggal 28 Agustus lalu. Seremonial pembukaan dilakukan Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dengan pemukulan bedug yang diikuti dengan membunyikan kentungan oleh Linmas masing-masing gampong, menandai peninjauan stan-stand Baiturrahman Expo 2019 dan terbuka untuk umum.

Ajang ini sudah mulai menjadi event yang ditunggu-tunggu masyarakat kota. Meski usianya baru dua tahun, Baiturrahman Expo telah tumbuh menjadi sarana hiburan yang mampu menarik minat pengunjung. Event ini menjadi lokasi baru bagi warga menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati suguhan hiburan rakyat.

Bukan hanya sekedar digelar untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI yang diisi dengan permainan tradisional, seperti lomba panjat pisang, tarik tambang, lomba panjat pinang, lomba merangkai sirih, lomba kukur kelapa dan lomba guling ban bekas bagi anak-anak, event ini juga menampilkan sejumlah produk lokal karya perajin dalam wilayah Kecamatan Baiturrahman.

Di lokasi lahan eks Hotel Aceh ini berjejer stand setiap gampong dalam wilayah Kecamatan Baiturrahman. Di stand-stand ini dipamerkan produk-produk menarik dari masing-masing gampong. Ada 10 stand gampong yang berjejer rapi, seperti Ateuk Deah Tanoh, Ateuk Jawo, Ateuk Munjeng, Ateuk Pahlawan, Kampung Baru, Neusu Aceh, Neusu Jaya, Peuniti, Seutui dan Sukaramai.

Camat Baiturrahman M Rizal SSTP menyampaikan, pihaknya memang memanfaatkan Baiturrahman Expo 2019 sebagai sarana mempromosikan karya-karya para perajin lokal, seperti beulangong tanoh mapun kerajinan lainnya.

Selain itu, kata Rizal, di stand milik gampong juga ditampilkan capaian kinerja pemerintahan gampong. “Ditampilkan juga sejauh mana capaian pembangunan gampong dari dana desa, baik bersumber dari APBK maupun APBN,” ujar Rizal, di sela-sela lomba guling ban bekas, Jumat (30/8/2019), di lokasi Baiturrahman Expo.

Baiturrahman Expo 2019 digelar, lanjut Rizal, juga sebagai upaya pihaknya bersama Muspika, Mukim, Keuchik, Fokbar, RAPI Baiturrahman dan PKK menyahuti cita-cita walikota dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Banda Aceh.

“Dalam berbagai kesempatan, Pak Wali menyampaikan keinginan beliau akan kemajuan sektor wisata. Semakin banyak event akan semakin bagus karena mendatangkan banyak wisatawan ke Banda Aceh,” ujar Rizal.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru