DATA BMKG 19 November 2019

Kemenkum HAM Bakal Tambah CCTV di Lapas Lambaro

Kemenkum HAM Bakal Tambah CCTV di Lapas Lambaro

Polisi berhasil mengamankan seorang napi yang kabur dari Lapas Klas II A Lambaro Aceh Besar/Fitri

HABADAILY.COM - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami, mengakui minimnya sipir yang mengawal Lapas Klas II A Lambaro Aceh Besar. Namun, menurut Sri, jumlah terbatas tersebut tidak menjadi kendala jika semua prosedur keamanan dijalankan.

"Jika semuanya dijalankan secara baik dan sesuai prosedur yang memadai, jumlah segitu sudah cukup untuk mengawasi semua napi di Lapas Lambaro tersebut," kata Sri, Sabtu (01/12/2018). 

Informasi yang diterima menyebutkan Lapas Lambaro dikawal oleh 10 sipir. Sementara jumlah warga binaan di Lapas tersebut mencapai 726 orang. Dengan jumlah tersebut, Sri berterus terang para sipir tak mampu membendung ratusan narapidana yang hendak kabur.

Dengan jumlah sipir yang minim tersebut juga tidak mampu memantau aktivitas ratusan tahanan di Lapas Klas II A Lambaro seharian penuh. Petugas juga tidak mengetahui adanya rencana para napi untuk kabur karena kurangnya kamera pengawas atau CCTV.

Kemenkum HAM berencana menambah CCTV pasca kejadian kaburnya para narapidana di Lapas Klas II A Lambaro. "Minggu depan akan kami pasang sistem tersebut, agar bisa dipantau oleh penjaga Lapas,” kata Sri Puguh.

Dia menduga aksi pelarian para narapidana sudah direncanakan secara matang. Termasuk mempelajari waktu yang tepat untuk kabur. "Kondisi cuaca juga mereka pelajari,” katanya.[boy]

Komentar
Terbaru