DATA BMKG 01 Oktober 2020

FMIPA Unsyiah Jalin Kerja Sama dengan Empat Perusahaan Farmasi

FMIPA Unsyiah Jalin Kerja Sama dengan Empat Perusahaan Farmasi

Penandatangan MoU antara FMIPA Unsyiah dengan perusahaan farmasi.

HABADAILY.COM—Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala menjalin kerja sama dengan empat perusahaan farmasi. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Dekan FMIPA Unsyiah Dr Teuku Mohamad Iqbalsyah SSi MSc bersama perwakilan perusahaan tersebut di Ruang Dekan FMIPA Unsyiah, Kamis (12/12).

Adapun ke empat perusahaan ini adalah PT Kimia Farma Trading dan Distributor Aceh, PT Kimia Farma Apotek Unit Bisnis Banda Aceh, PT Anugrah Argon Medica  Cabang Aceh dan PT Indofarma Global Medika Cabang Aceh.

Iqbal menjelaskan, kerja sama ini dalam rangka persiapan FMIPA Unsyiah untuk mendirikan program studi baru yaitu Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) di bawah Jurusan Farmasi. Iqbal menargetkan tahun 2020 nanti program studi tersebut telah berdiri di Unsyiah.

“Dengan adanya program studi ini, akan memudahkan mahasiswa sarjana farmasi FMIPA Unsyiah untuk melanjutkan pendidikan Profesi di Unsyiah,” ucap Iqbal.

Dalam kesepakatan kerja sama ini,  salah satu butir kesepakatannya adalah ke empat perusahaan ini bersedia menerima mahasiswa  FMIPA Unsyiah untuk kegiatan PKPA. Selama kegiatan tersebut, mereka akan memfasilitasi mahasiswa FMIPA Unsyiah untuk mempelajari tata kelola hingga pendistribusian obat.

“Untuk itulah, saya  sangat mengapresiasi kesepakatan ini. Karena hal tersebut sejalan dengan tanggung jawab FMIPA Unsyiah terhadap Jurusan Farmasi yang belum tuntas. Yaitu membuka peluang kerja seluasnya untuk alumni jurusan ini,” ucapnya.

Koordinator Program Studi S-1 Farmasi Lydia Septa Desiyana, SFarm mengatakan, saat ini alumni farmasi Unsyiah harus bersaing ketat di berbagai perguruan tinggi untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Apoteker.

Mereka mampu bersaing hingga lolos ke berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, dan berbagai perguruan tinggi lainnya, termasuk mancanegara seperti di Prince of Songkla University.

Meskipun demikian,  sebagian besar alumni Unsyiah ini tetap berharap bisa melanjutkan pendidikannya di Unsyiah. Oleh karena itu, ia berharap dengan adanya kerja sama ini maka Program Studi Profesi Apoteker segera bisa berdiri di Fakultas MIPA unsyiah.

Untuk itulah, Lydia menilai kerja sama ini sangat penting bagi FMIPA Unsyiah, karena telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa nanti untuk mendapatkan pengalaman kerja di perusahan farmasi. Di sana, mereka tentu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru dalam industri obat.

 “Di sisi lain, pada program profesi apoteker nanti mahasiswa akan lebih banyak praktek lapangannya dari pada belajar di ruang kuliah. Maka kerja sama ini sangat berarti sekali bagi mahasiswa,” ucap Lydia.

Kepala Cabang PT Indofarma Global Medika Cabang Aceh Jonan SPd MM mengatakan pihaknya sangat terbuka bagi siapapun yang ingin mengunjungi pabrik untuk belajar dan memahami tata kelola industri farmasi.

Jonan juga menegaskan, bahwa ada beberapa hal penting yang harus dipahami mahasiswa jika terjun ke dunia industri obat-obatan ini. Pertama, mereka harus siap jika nanti di tempatkan di mana saja. Kedua, calon apoteker tidak cukup menguasai cara membuat obat saja, tapi mereka juga harus memahami bagaimana regulasi obat yang ada. Ketiga, jika calon apoteker Unsyiah ini go internasional maka mereka harus menguasasi minimal dua bahasa asing.

“Jadi apoteker itu tidak cukup hanya tahu membuat obat saja. Ada banyak skill lain yang harus mereka kuasai, termasuk Bahasa jika mereka ingin go internasional,” ucap Jonan.

Turut hadir dalam kegiatan ini  Manajer Bisinis PT Kimia Farma Trading dan Distributor Aceh Linara Putra SFarm Apt, Manajer Bisnis PT Kimia Farma Apotek Unit Bisnis Banda Aceh Drs Roy Mustaqim Apt, dan Kepala Cabang PT Anugrah Argon Medica  Cabang Aceh Rawiyanto.

Sementara dari FMIPA Unsyiah hadir Wakil Dekan II FMIPA Taufiq Iskandar SSi MSi, Wakil Dekan III FMIPA Drrernat Ilham Maulana SSi dan Kepala Bagian Tata Usaha FMIPA Husaini SSi MM.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru