DATA BMKG 11 Desember 2019
Pemko Banda Aceh

TPA Baitussalihin Juara Umum FASI Tahun 2019

TPA Baitussalihin Juara Umum FASI Tahun 2019

Penyerahan hadiah juara umum Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) Tingkat Kota Banda Aceh tahun 2019.

HABADAILY.COM—TPA Baitussalihin Ulee Kareng keluar sebagai juara umum Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) Tingkat Kota Banda Aceh tahun 2019.

Pada event yang digelar Pemko melalui kerjasama Dinas Syariat Islam (DSI) dan BKPRMI Banda Aceh ini, TPA Baitussalihin berhasil mengumpulkan poin terbanyak dari 52 TPA yang mengikuti event ini, yakni 49 poin.

Atas prestasi ini, TPA Baitussalihin berhak mendapatkan piala bergilir Wali Kota Banda Aceh dan uang pembinaan. Piala bergilir diserahkan Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin, Minggu (3/11/2019), pada penutupan FASI di halaman Masjid Jami’ Kampus Unsyiah.

Juara II diraih TPQ Ruhul Jadid, MIN Model dengan jumlah perolehan poin 47. Sementara TPA Unggulan Al Hilal, Lampriet dengan poin 32 meraih juara III.

Usai menyerahkan piala bergilir, Zainal Arifin mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaanya atas suksesnya gelaran FASI Tingkat Kota Banda Aceh ini. “Saya sangat senang dan bahagia melihat suksesnya FASI ini, bukan hanya karena tingginya antusias masyarakat, tapi dari sisi pembinaan kita lihat sudah merata,” ungkap sosok yang akrab disapa Cek Zainal ini.

Pemerataan pembinaan pendidikan Islam di TPA, TPQ dan TQA di Banda Aceh, kata Zainal dapat dilihat dari catatan para juara FASI tahun 2019, dimana perolehan juara tidak dikuasai oleh satu dua TPA saja.

Dalam sambutannya, Zainal Arifin mengatakan Pemko Banda Aceh sangat mendukung event ini dan tetap akan digelar setiap tahun. “Pak Wali Kota, Aminullah sendiri sangat komit mendukung program ini karena akan melahirkan generasi Banda Aceh yang berkarakter Qurani. InsyaAllah akan kita gelar setiap tahun,” kata sosok yang pernah menjadi anggota DPRA ini.

Menurut Zainal, dengan FASI anak-anak di Banda Aceh akan terus termotivasi mempelajari Al-Quran sehingga karakter Islami akan terbangun sejak dini.

Sementara itu, Ketua MPD BKPRMI Kota Banda Aceh T Adriansyah menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemko sehingga FASI tahun ini berjalan sukses.

Katanya, para juara dari setiap cabang akan dipersiapkan untuk mengikuti FASI tingkat Provinsi Aceh yang digelar dalam waktu dekat. Banda Aceh menargetkan kembali meraih juara umum pada FASI Tingkat Provinsi Aceh tahun ini.

“Banda Aceh akan mengikuti FASI Tingkat Provinsi Aceh, kita menargetkan meraih juara umum seperti pada FASI sebelumnya tiga tahun yang lalu,” ungkap T Adriansyah.

Informasi dari Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Tgk Alizar Usman, FASI Tingkat Kota Banda Aceh digelar dari 31 Oktober lalu dan berakhir 3 November. Event ini diikuti 1.370 orang santri tingkat 52 TPA, TPQ dan TQA di Banda Aceh.

Ada 25 cabang yang diperlombakan pada ajang ini, diantaranya cabang tartil, azan dan iqamah, nasyid islami, peragaan shalat, erdas cermat Al-Quran, ceramah agama Islam Bahasa Indonesia, tahfidz Juz ‘Amma, baca kitab Arab Melayu dan Lomba Rangking Satu.

Turut hadir pada seremoinial penutupan, anggota DPRK Banda Aceh Tuanku Muhammad, Asisten Bidang Pemerintahan Faisal, para camat, Keuchik Kopelma Darusalam, Pengurus Masjid Jami’ Unsyiah dan sejumlah pengurus BKPRMI Kota Banda Aceh.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru