DATA BMKG 13 Desember 2019
MotoGP 2019

Rossi Akui Berutang Budi pada Almarhum Norick Abe

Rossi Akui Berutang Budi pada Almarhum Norick Abe

HABADAILY.COM—Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, beberapa kali mengungkapkan kekagumannya kepada rider asal Jepang, Norifumi Abe. Pria asal Italia itu bahkan menyimpan tanda tangan dari pembalap yang akrab disapa Norick tersebut.

Perlu diketahui, Norifumi Abe adalah pembalap yang memulai kariernya di MotoGP (500cc) pada 1994. Namanya mulai diperhitungkan setelah mampu bersaing dengan Kevin Schwantz dan Mick Doohan di kelas teratas pada 1996 dan terus mengaspal di kelas utama hingga satu dekade kemudian.

Sayang, karier balapnya harus terhenti pada 7 Oktober 2007. Norick Abe mengalami kecelakaan lalu lintas di Jepang hingga wafat pada usia 33 tahun. Valentino Rossi yang mengagumi Norick Abe bahkan mengaku berutang budi pada mendiang pembalap asal Setagaya tersebut.

“Saya adalah salah satu penggemar berat Norick. Saya masih menyimpan foto dan tanda tangannya. Penampilannya di Suzuka 1994 memberi saya motivasi. Setelah itu saya benar-benar ingin menjadi seorang pembalap motor,” ujar Valentino Rossi, mengutip dari Speedweek, Jumat (26/4/2019).

“Saya benar-benar beruntung pernah bersaing dengan Norick. Kami beberapa kali terlibat pertarungan di atas lintasan. Pada 2001 kami bertarung untuk kemenangan di Jerez. Saya berutang budi padanya karena memberi saya antusiasme dan motivasi,” imbuh pria berusia 40 tahun itu.

The Doctor kini tengah bersiap untuk menuju MotoGP Spanyol 2019 di Sirkuit Jerez, pekan depan. Valentino Rossi punya rekor bagus dengan menjadi pembalap yang paling banyak menang di Jerez, yakni tujuh kali.[okz]

Komentar
Terbaru