DATA BMKG 19 Oktober 2019

Rossi atau Vinales yang Ulang Sejarah Apik Yamaha di MotoGP Catalunya?

Rossi atau Vinales yang Ulang Sejarah Apik Yamaha di MotoGP Catalunya?

Valentino Rossi selfie bersama fans.

HABADAILY.COM—Dua pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, belum mampu menjadi yang terbaik hingga MotoGP 2019 melewati seri keenam. Pencapaian terbaik sejauh ini dicetak The Doctor –julukan Rossi– yang dua kali finis di posisi dua, tepatnya di MotoGP Argentina dan Amerika Serikat (AS).

Bagaimana dengan Vinales? Pembalap berjuluk Top Gun itu masih kesulitan menaklukkan YZR-M1. Pencapaian terbaik eks rider Suzuki bersama Yamaha musim ini hanyalah finis di posisi lima MotoGP AS.

Meski begitu, Rossi dan Vinales berpotensi mencetak kemenangan perdana mereka musim ini. Sebab, seri ketujuh MotoGP 2019 yang berlangsung pada Minggu 16 Juni 2019 malam WIB, digelar di Sirkuit Catalunya.

Sekadar informasi, Sirkuit Catalunya sangat akrab dengan motor pabrikan Yamaha. Semenjak menggunakan format MotoGP pada 2002, rider-rider Yamaha sudah sembilan kali menjadi yang tercepat di Sirkuit Catalunya. Sekadar informasi, jumlah itu merupakan yang terbanyak ketimbang pabrikan lainnya.

Honda dan Ducati selaku pesaing utama Yamaha, sama-sama baru empat kali menjadi yang terbaik. Sekarang yang jadi pertanyaan, dari sembilan kemenangan di atas, siapa saja rider yang memberikan hasil positif kepada Yamaha?

Ada dua rider yang memberikan kemenangan bagi Yamaha di Catalunya pada kelas MotoGP. Mereka ialah Rossi pada 2004, 2005, 2006, 2009 dan 2016, serta Jorge Lorenzo pada 2010, 2012, 2013 dan 2015. Karena itu, jangan heran jika rider Yamaha berjaya di balapan nanti.[okz]

Komentar
Baca Juga
Terbaru